Sabtu, 25 Oktober 2014

Ayam Goreng Kremes Lengkuas.

Ayam Goreng Kremes Lengkuas

Ibu-ibu di rumah pasti tahu ayam goreng...? Ayam yg kita goreng merupakan ayam mentah hasil beli dari pasar tradisional dekat dgn rumah kita, bukan...? Ayam mentah yg sudah kita potong-potong menjadi 11 bagian, terutama, dada atas, sayap atas, dan paha atas akan menjadi bagian menarik buat disantap enak bersama nasi, sayur bakso cap cay, dan kentang goreng. Ayam mentah yg kita goreng menjadi ayam goreng berwarna kuning keemasan adalah kepuasan tersendiri bagi yg hobi memasak di rumah. 

Perlu tahu? Sebelum memasak ayam goreng hasil olahan kita sendiri di rumah......... Ibu-ibu di rumah perlu mencuci ayam terlebih dahulu hingga 3 kali pencucian, terlebih darah segar dari ayam yg kita beli sudah bersih semua. Memilih ayam mentah pun tak mudah, kita harus memilih ayam mentah yg bagus di pasar dg melihat jernih:
1. Ayam mentah segar berwarna putih bukan kuning.
2. Ayam mentah segar masih berbau darah merah. 
3. Ayam mentah segar aromanya belum berbau anyir.
Nah, syarat-syarat membeli ayam mentah di pasar tradisional pun harus kita teliti dulu sebelum membeli pasti, ibu-ibu ya.

Ibu-ibu di rumah mau tahu cara memasak ayam goreng kremes lengkuas...? Ini caranya ya. Jika perlu dicatat oleh ibu-ibu di rumah. Hee. 


Ayam Goreng Kremes Lengkuas

Cara Memasak:
Siapkan Bumbu Halus:
A. Bawang merah, 3 siung
B. Bawang putih, 5 siung
C. Cabe, 25 buah (terserah ibu-ibu seberapa pedasnya)
D. Jahe, 1/4 potong
E. Kunyit, 1/4 potong
F.  Lada putih, 1 sendok teh
G. Terakhir 1 buah lengkuas yg diserut-serut halus.

Bahan Utama:
Ayam yg dipotong-potong menjadi 11 bagian, boleh 15 bagian, terserah ibu-ibu minta dipotong berapa oleh bapak-bapak/ibu-ibu yg berjualan tukang ayam di pasar tradisional ya. Sebelumnya ayam mentah yg sudah dibeli tadi, harus dicuci terlebih dahulu. Cuci bersih ayamnya! Hilangkan semua bau-bau darahnya ya... Taruh ayam mentah tadi di panci berbentuk bulat 3/4, masak ayam bersama air matang dan api yg dikecilkan, jangan lupa tambahkan cuka+bumbu penyedap agar masaknya enak, segar, dan merata. 

Cara memasak mudah:
Giling bawang merah, bawang putih, cabe, jahe, kunyit, dan campurkan ke dalam gilingan tadi, campur dg lada putih. Giling hingga halus merata. Jika tak ingin capek-capek menggiling semua bumbu halus tadi, ibu-ibu di rumah bisa menggunakan blender yg khusus buat mengulek bukan? Lebih praktis dg blender kecil khusus untuk mengulek, ibu-ibu... Biar gampang! Setelah semua bumbu halus tadi merata ulekannya, taruh dalam mangkuk kecil ya. Jangan lupa, 1 buah lengkuas harus diserut-serut halus menggunakan serutan bumbu di rumah. Taruh lagi serutan lengkuas di mangkuk ukuran sedang. Selesai bumbu halus+serutan lengkuas sudah jadi semua, lalu........... masukkan ke dalam panci bulat 3/4 berisi ayam bercampur dgn rebusan air matang. Bumbu halus+serutan lengkuas yg dimasukkan bersama rebusan air dan ayam yg direbus tadi berguna untuk menambah cita rasa wangi dalam ayam rebus itu. Rebuslah ayam+air matang+bumbu halus (lengkuas serut) selama 1 jam 30 menit ya. Setelah air dan ayam berwarna kunyit-kekuningan lalu........... angkat ayam yg sudah matang bersama bumbu tadi. Biar lebih gurih, jangan lupa ayam matang+bumbu tadi langsung digoreng ya, bu, gorenglah ke dalam wajan berisi minyak hangat. Jangan lupa, ayam yg digoreng berwarna cokelat-kekuningan. Goreng selama 15 menit sudah matang, angkat dan tiriskan tiap-tiap ayam goreng tadi. Selesai. Mudah bukan? Segala sesuatu akan mudah jika dibuat mudah. 

Terima kasih sdh menyimak tips-tips dari aku. Selamat mencoba di rmh, terutama bagi ibu2 belajar masak. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar